Bahaya! Jangan Asal Pilih Sabun Cuci Muka untuk Kulit Berjerawat Pria - Anotatif

9/29/22

Bahaya! Jangan Asal Pilih Sabun Cuci Muka untuk Kulit Berjerawat Pria

Bahaya Asal Pilih Sabun Cuci Muka untuk Kulit Berjerawat Pria

Wajah berjerawat tentu bisa membuat insecure, karena orang-orang akan memandang dengan tatapan aneh. Namun, masalah ini bisa diatasi jika kita mau merawat diri. Sayangnya beberapa pria enggan untuk memakai skincare karena dianggap kurang maskulin. Ayolah bro, kamu juga butuh skincare, paling tidak pakailah sabun cuci muka untuk kulit berjerawat pria.

Asal kamu tahu nih, skincare tidak hanya dibuat khusus untuk wanita, tapi juga pria. Ini karena kulit pria dan wanita memiliki perbedaan yang signifikan. Melansir dari Dermatology Times, penelitian menyatakan bahwa kulit pria lebih tebal dan berminyak dibandingkan wanita. Sehingga membuat kulit wajah pria lebih mudah berjerawat.

Oleh karena itu, skincare juga penting untuk pria sepertimu. Namun, jika kamu masih awam dalam urusan skincare, hati-hati untuk memilih sabun cuci muka untuk pria berjerawat. Sebab, ada beberapa produk yang mengandung bahan berbahaya seperti merkuri.

Nah, agar kamu bisa memilih sabun cuci muka terbaik dan tak berbahaya, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan.


Mengenali tipe kulit wajah berjerawat


Bahaya Asal Pilih Sabun Cuci Muka untuk Kulit Berjerawat Pria

Ada beberapa tipe acne-prone yang perlu kamu tahu agar bisa menentukan produk sabun cuci muka yang sesuai. Mengutip dari Medical News Today, berikut enam tipe jerawat yang bisa muncul di wajah.

  • Papula. Ini jerawat dengan benjolan merah kecil yang disebabkan akibat komedo dibiarkan saja.
  • Komedo putih. Jerawat ini muncul akibat pori-pori tersumbat oleh minyak, debu, dan sel kulit mati.
  • Komedo hitam. Ini adalah tipe komedo terbuka yang warna hitamnya terjadi karena pigmentasi.
  • Pustula. Ukuran jerawat ini lebih besar daripada papula dengan bentuk melingkar dan berisi nanah.
  • Nodul. Ini kondisi jerawat yang terjadi di bagian dalam kulit dengan bentuk benjolan besar seperti pustula. Namun, jerawat ini tak memiliki bagian atas yang menonjol.
  • Jerawat kistik. Terakhir ada jenis jerawat parah yang terletak jauh di bagian dalam kulit dan berisi nanah.

Jerawat-jerawat tersebut muncul akibat perubahan hormonal. Terlansir WebMD, perubahan hormon dapat mempengaruhi produksi minyak di dalam kulit wajah. Campuran minyak dengan debu dan kulit mati yang menyumbat pori-pori membuat jerawat muncul. Apabila sumbatan tersebut terinfeksi bakteri, maka akan menyebabkan masalah jerawat yang parah.


Perhatikan bahan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat pria


Bahaya Asal Pilih Sabun Cuci Muka untuk Kulit Berjerawat Pria

Ketika tengah mencari produk skincare, kamu tentunya perlu memperhatikan komposisinya. Hal ini agar kamu mendapatkan manfaat yang sesuai dengan kebutuhanmu. Nah, bila kamu memiliki masalah dengan jerawat, setidaknya harus ada lima bahan berikut.

1. Asam amino

Melansir Byrdie, asam amino memiliki beragam manfaat seperti melembapkan kulit dan menghidrasinya hingga ke bagian kulit yang paling dalam. Di mana ini bisa membuat kulit lebih lembab dan kenyal.

Selain itu, asam amino juga kaya akan antioksidan yang berguna untuk melindungi kulit wajah dari polutan yang menyebabkan sel kulit mati. Juga dapat mengurangi peradangan pada kulit berjerawat serta memperbaiki sel rusak dan membantu merangsang produksi kolagen.

2. Allantoin

Dilansir laman Medical News Today, allantoin berguna untuk mengurangi iritasi dan jerawat. Juga berfungsi untuk meningkatkan kinerja skin barrier dan membantu pembuatan sel baru pada kulit wajah. Tak hanya itu, allantoin juga memiliki manfaat untuk menyembuhkan luka dan membuat kulit lebih halus.

3. Mentol

Mentol adalah senyawa yang memiliki sifat antiseptik yang membantu mengontrol produksi minyak berlebih dan menyegarkan kulit. Sehingga dapat mencegah jerawat muncul di kulit wajahmu, bro!

4. Charcoal

Seperti yang terlansir dari Greatist, charcoal atau arang dapat membantu mengurangi jerawat. Hal ini karena sifat antibakterinya dapat membunuh bakteri yang terperangkap di pori-pori. Selain itu, teksturnya yang lembut dan berpasir membuatnya cocok dijadikan bahan dari sabun cuci muka untuk komedo pria. Pasalnya bisa menjadi bahan eksfoliasi alami.

5. Niacinamide

Bahan terakhir yang perlu ada di dalam sabun cuci muka untuk kulit berminyak dan berjerawat pria ialah niacinamide. Menurut laman Everyday Health, sabun ini memiliki manfaat untuk mengontrol produksi sebum atau minyak berlebih yang bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Niacinamide juga bisa meningkatkan skin barrier yang dapat mengunci kelembaban kulit dan mengurangi risiko iritasi. Tak hanya itu, senyawa ini juga mampu mencegah tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan, garis halus, dan flek hitam.

Baca Juga: Apakah Susu Etawalin Aman bagi Tubuh? Cek Faktanya!


Pilihan terbaik sabun cuci muka untuk kondisi kulit wajah pria berjerawat


Bahaya Asal Pilih Sabun Cuci Muka untuk Kulit Berjerawat Pria

Di pasaran telah banyak tersedia facial wash dengan berbagai bahan yang katanya bisa mengurangi jerawat di wajah pria. Hal tersebut tentu bisa membuat pria sepertimu yang masih awam dengan skincare bingung. Daripada kamu bingung dan salah pilih sabun cuci muka untuk kulit berjerawat pria, berikut pilihan facial wash terbaik dariku.

HG For Men Acne Care & Oil Control Facial Wash


Bahaya Asal Pilih Sabun Cuci Muka untuk Kulit Berjerawat Pria

Kenapa aku menyarankan sabun cuci muka ini? Alasannya karena HG For Men Acne Care & Oil Control Facial Wash telah lolos uji klinis sehingga aman untuk semua jenis kulit pria. Termasuk kamu yang punya kulit wajah berjerawat dengan kombinasi berminyak sekalipun.

Terlebih sabun cuci muka ini mengandung charcoal yang dapat mengangkat debu, sel kulit mati, dan minyak penyebab komedo. Apalagi bahan alami ini juga bermanfaat untuk mengontrol produksi sebum atau minyak pada wajah.

Tak hanya itu, HG For Men Acne Care & Oil Control Facial Wash juga mengandung asam amino dan allantoin yang mampu menutrisi kulit dan membuatnya tetap lembab. Sedangkan adanya kandungan mentol akan menyegarkan kulitmu dan mencegah jerawat muncul kembali.

Manfaat lain yang aku rasakan setelah mencoba produk ini, kulit wajah terasa lebih bersih dan dingin. Membuatnya cocok untuk digunakan menjadi sabun pencuci muka setelah beraktivitas di bawah sinar matahari. Dengan kondisi kulitku yang berminyak, sabun cuci muka ini enak untuk digunakan karena membuat kesat dan kenyal.

HG For Men Brightening & Deep Cleansing Facial Wash


Bahaya Asal Pilih Sabun Cuci Muka untuk Kulit Berjerawat Pria

Nah, jika kamu punya dark spot, HG For Men Brightening & Deep Cleansing Facial Wash bisa menjadi pilihan. Pasalnya sabun pencuci muka untuk menghilangkan flek hitam pria ini memiliki kandungan niacinamide. Senyawa tersebut bermanfaat untuk mengurangi bintik hitam bekas jerawat serta mencerahkan kulit kusam.

Terlebih, kandungan asam amino, allantoin, dan mentol juga mampu menjaga kesehatan kulit. Juga mengontrol minyak yang menjadi biang masalah kulit wajah pria. Produk ini cocok digunakan untuk segala jenis kulit wajah pria karena telah lolos uji klinis.

Efek yang aku rasakan setelah menggunakannya yaitu kulit wajah terasa bersih. Selain itu, komedo di sekitar hidung terangkat hingga ke pori-pori terdalam. Kulit kusam pun bisa terlihat lebih cerah dari biasanya. Hal ini meyakinkanku jika produk HG For Men cocok digunakan sebagai sabun cuci muka pria untuk menghilangkan bekas jerawat.

Nah, untuk penggunaannya sendiri, facial wash dari HG For Men ini sebaiknya digunakan dua kali sehari. Sekali setelah bangun tidur dan keduanya setelah beraktivitas. Agar mendapatkan manfaat kulit bebas jerawat dan cerah berseri.

HG For Men Acne Care & Oil Control Facial Wash 100 ml dibanderol Rp38.000. Sementara HG For Men Brightening & Deep Cleansing Facial Wash 100 ml Rp36.000. Selain facial wash, HG For Men juga punya produk seperti shampo, hair tonic, super face serum, serta parfum EDT untuk perawatan pria profesional.

Lantas bila kamu ingin membeli sabun cuci muka dari HG For Men ini, silakan kunjungi Shopee dan Tokopedia. Bisa juga dengan datang langsung ke toko offline seperti Borma, AEON, Lulumart, Asia Toserba, Diamond Super Market, Laris Toserba & Swalayan, serta Market City.

Oke, kurang lebih begitulah cara memilih sabun cuci muka untuk kulit berjerawat pria serta review facial wash pilihanku. Apabila kamu punya masalah dengan jerawat, minyak berlebih, dan wajah kusam, yuk coba facial wash pilihan pria profesional HG For Men! Siapa tahu nanti jatuh cinta?

Referensi

Reyes, Amy. 28 September 2018. Male-Female Skin Differences Drive Treatment Choices. Diakses pada 25 September 2022 dari Dermatology Times,.

Huizen, Jennifer. 26 Juni 2022. Pimple types: 6 types of acne. Diakses pada 25 September 2022 dari Medical News Today. 

Gardner, Amanda. 3 Maret 2021. What Men Should Know About Acne. Diakses pada 25 September 2022 dari WebMD. 

Pomper-Moore, Gisella La. 22 Agustus 2022. Acids for Plumper, Smoother Skin. Diakses pada 26 September 2022 dari Byrdie.

Martin, Lauren. 19 April 2022. What does Allantoin Do in Skin Care. Diakses pada 26 September 2022 dari Medical News Today. 

Montijo, Saundra. 2 Desember 2020. Is Activated Charcoal for Skin Care Worth the Hype. Diakses pada 26 September 2022 dari Greatist.

Migala, Jessica. 26 Oktober 2021. What Is Niacinamide? Health Benefits, Usage, Supplements, Side Effects, and More. Diakses pada 26 September 2022 dari Every Day Health.


Share with your friends