Tips Memilih Keyboard untuk Menulis di HP Android - Anotatif

9/11/22

Tips Memilih Keyboard untuk Menulis di HP Android

Tips Memilih Keyboard untuk Menulis di HP Android

Menulis sekarang ini memang bisa dilakukan di mana saja. Sebab, hanya dengan modal HP dan beberapa aplikasi gratisan yang diunduh dari Playstore saja sudah bisa digunakan untuk menulis.

Meski sudah sangat mudah, bila terlalu lama menulis menggunakan HP juga bisa membuat tangan mati rasa atau kebas. Sialnya, kalau sedang diburu deadline, rasanya hati seperti perang melawan bisikan setan untuk tidak melempar HP ke kasur.

Mau berhenti sebentar, tapi waktu sudah mepet. Mau lanjut rasanya tangan sudah tak sanggup untuk mengetik lagi. Ya, serba dilema gitu. Namun, masalah yang satu ini bisa diatasi dengan mudah. Yap, tinggal membeli keyboard yang dirancang untuk HP.

Di pasaran ada berbagai macam bentuk dan model keyboard untuk HP. Kamu bisa memilih sesuai selera dan kebutuhan. Bahkan bisa memilih keyboard HP sesuai isi kantong.

Akan tetapi, banyaknya pilihan keyboard khusus HP di pasaran tentu akan membuat bingung. Nah, di bawah ada beberapa tips untuk memilih keyboard HP serta beberapa rekomendasi merek yang bisa kamu jadikan referensi.

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Rasa Malas agar Lebih Produktif Menulis

Tips memilih keyboard untuk HP


Tips memilih keyboard untuk HP

Di pasaran ada banyak sekali keyboard wireless dengan berbagai macam fitur yang ditawarkan. Hal tersebut pastinya akan  membuatmu jadi bingung memilih keyboard yang cocok dengan kebutuhan.
 Oleh karena itu, kamu perlu tahu tips memilih keyboard wireless untuk HP.

Berikut ini lima tips memilih keyboard HP agar menulis dan belajar atau bekerja jadi lebih mudah.

1. Pastikan bila keyboard sesuai dengan tipe HP

Pertama dan yang paling utama, kamu perlu memastikan jika keyboard wireless yang akan dibeli memiliki konektivitas yang kompatibel dengan perangkat HP.

Sebab, perkembangan teknologi yang cepat membuat fitur-fitur pada perangkat gawai tak bisa kompatibel. Meskipun gawai tersebut baru saja keluar 2 tahun lalu.

Selain itu, perhatikan juga item operasi apa saja yang didukung keyboard incaranmu. Apakah itu mendukung sistem operasi android, windows, atau IOS. Apa malah bisa mendukung ketiga sistem tersebut sekaligus.

2. Pilih yang memiliki backlight

Selanjutnya pikirkan apakah keyboard yang kamu pilih sudah memiliki fitur backlight. Ini adalah fitur yang akan membuat keyboard bercahaya ketika gelap.

Yap, backlight yaitu sebuah lampu yang tersembunyi di belakang atau bawah tombol-tombol keyboard. Lampu ini akan mempermudah kegiatan mengetik di tempat dengan penerangan redup atau gelap.

3. Perhatikan ukuran keyboard

Ukuran keyboard juga penting untuk kamu perhatikan. Ini bukan cuma soal simpel tidaknya keyboard saat kamu bawa ke mana-mana. Namun, juga menjadi faktor apakah kamu akan nyaman menggunakan keyboard tersebut.

Keyboard yang memiliki ukuran kecil akan cocok dengan orang-orang yang sering kerja pindah tempat. Namun, keyboard wireless dengan ukuran yang kecil juga bisa membuat tangan semakin pegal. Sebab, akan membuat jari-jemari tangan sulit menekan tuts keyboardnya.

4. Memilih fitur yang sesuai dengan kebutuhan

Ada banyak jenis keyboard yang dijual di pasaran. Jenis-jenis tersebut tentu membawa fitur yang berbeda dari yang ada. Sehingga kamu perlu memilah mana saja fitur-fitur keyboard yang cocok untuk kebutuhan pekerjaanmu sebelum membelinya.

Salah satu contohnya yakni keyboard DVORAK yang berguna untuk mengurangi beban otot di bagian tangan kiri. Sehingga keyboard ini cocok untuk kamu yang bagian tangan kiri sering kram ketika mengetik.

Ada pula jenis keyboard mekanikal yang berguna untuk mempercepat ketikan penggunanya. Bentuk desain keyboardnya Qwerty, tetapi komponen dari keyboard ini menggunakan model switch. Di mana fitur tersebut berfungsi untuk mempercepat pengetikan.

Oleh karena itu, sebelum membeli keyboard, sebaiknya kamu memperhatikan kebutuhanmu. Tentunya hal ini agar keyboard yang kamu beli sesuai dengan kebutuhan.

5. Memastikan keyboard wireless original

Terakhir kamu perlu memilih keyboard yang original. Pasalnya ada banyak model keyboard yang dijual di pasaran, terutama e-commerce dengan harga murah yang ternyata KW. Jadi, kamu harus memperhatikan benar kualitas dari barangnya agar tak tertipu.

Cara paling mudah untuk mencari tahu itu keyboard ORI atau KW dengan membeli di toko official-nya. Memang terkadang harganya lebih mahal bila dibandingkan dengan barang-barang di toko biasa. Namun, kualitas dan orisinalitasnya bisa dijamin.

Selain itu, pastikan kamu memilih toko yang memiliki garansi jika barang rusak. Agar bila pesanan datang dalam keadaan tak memuaskan, kamu bisa klaim kerusakan barang. Baik minta barang tersebut diservis secara gratis atau diganti yang baru.

Baca Juga: 7 Cara Mudah Membuat Tab Spasi di HP


Romendasi keyboard untuk menulis di HP


Tips memilih keyboard untuk HP

Menulis di hape memang sering membuat pegal pada bagian pergelangan tangan. Apalagi bila menulis dengan terburu-buru, tangan bisa kebas. Selain itu, jika terus dipaksa bisa terkena saraf terjepit atau CTS.

Bila kamu sering menulis dengan menggunakan hape baik untuk tugas sekolah atau pekerjaan, kalau ada uang lebih sebaiknya beli keyboard. Hal ini demi mengurangi beban otot tangan dan jari. Pun demi menghindari saraf terjepit.

Namun, kalau kamu bingung untuk memilih keyboard yang baik untuk dipasangkan dengan hape. Berikut ada 10 rekomendasi keyboard untuk menulis di hape yang bisa digunakan sebagai referensi.

1. Logitech K380, keyboard multi-device

Tips memilih keyboard untuk HP
Sumber gambar shopee.co.id

Rekomendasi pertama ada Keyboard Logitech K380. Produk keyboard dengan desain Qwerty ini sangat cocok untuk membantumu menulis di hape. Pasalnya Keyboard Logitech K380 bisa terhubung ke berbagai perangkat lunak mulai dari IOS, windows, dan android. Menariknya lagi keyboard ini memiliki koneksi wireless atau menggunakan bluetooth versi 3.0.

Desain dari perangkat ini cukup ringkas jadi mudah untuk dibawa bekerja di mana saja. Desain keyboardnya juga dibuat dengan sedikit miring. Jadi, akan membuat posisi mengetik jadi lebih nyaman dan tak membuat otot-otot tangan cepat lelah.

Sayangnya Keyboard Logitech K380 tidak ada lampu backlight-nya. Sehingga kamu hanya bisa mengetik di tempat yang memiliki penerangan. Namun, kamu bisa menggunakan keyboard ini untuk mengetik pada berbagai jenis gawai seperti laptop, hape, dan tablet.

Cara menghubungkannya juga terbilang mudah. Setelah dinyalakan, kamu tinggal menekan tombol nomor “1, 2, dan 3”, maka keyboard dan gawai milikmu sudah terkoneksi dengan baik.

Ada empat pilihan warna dari keyboard ini yang akan sesuai dengan semua gender. Pertama ada warna abu-abu, lalu biru, putih, dan yang terakhir pink. Mengenai harga, silakan lihat sendiri di Shopee dan Tokopedia, ya!

2. Keyboard Robot KB10, telah terintegrasi dengan stand gawai


Tips memilih keyboard untuk HP
Sumber gambar shopee.co.id

Rekomendasi keyboard yang akan mempermudah menulis di HP selanjutnya yaitu Robot KB10. Secara kasat mata, melihat desain dari produknya kamu pasti akan sangat setuju jika keyboard ini diproduksi untuk HP. Pasalnya di bagian atas dari keyboardnya terdapat cekungan yang berfungsi untuk meletakkan HP dan tablet.

Tak hanya itu, desain dari item yang satu ini terbilang unik. Lantaran bagian tuts keyboardnya yang memiliki desain lingkaran. Pun memiliki pilihan warna yang menarik seperti pink dan hitam. Dimensi produknya juga termasuk ringkas. Sebab, hanya berukuran 298 x 169 x 20 mm.

Keyboard Bluetooth Robot KB10 telah dilengkapi dengan 3 jenis koneksi. Pertama ada teknologi wireless 2.4 G, lalu bluetooth BT1, dan bluetooth BT2. Di mana dengan ketiga koneksi tersebut membuat keyboard yang satu ini bisa terhubung dengan 3 perangkat baik Hp, laptop, atau komputer secara bersamaan. Selain itu, juga bisa tersambung ke IOS, windows, ataupun android.

Untuk energinya, keyboard ini menggunakan dua buah baterai AAA. Sayangnya keyboard ini juga belum support backlight. Jadi, bagi kamu yang suka bekerja ditempat gelap akan kurang worth it. Namun, kalau masih tertarik kamu bisa membelinya di Shopee dan Tokopedia atau e-commerce lainnya.

3. Taffware Wirelesss Bluetooth Keyboard Rechargeable KM78D, keyboard yang bisa diisi daya ulang

Tips memilih keyboard untuk HP
Sumber gambar shopee.co.id

Rekomendasi selanjutnya adalah Taffware Wireless Bluetooth Keyboard Rechargeable KM78D. Produk keyboard ini menggunakan baterai isi ulang sehingga kamu tinggal mengisinya lewat kabel data. Desainnya juga ringkas dan tampak futuristik.

Hal lain yang membuat keyboard dari Tuffware ini menarik yakni karena teknologi Scissor Switch. Di mana teknologi tersebut memberikan sensasi menulis yang lebih nyaman. Sehingga akan membuat tulisan atau ketikan lebih akurat.

Sama seperti keyboard wireless lainnya, Keyboard Taffware Wireless Bluetooth Rechargeable KM78D bisa terhubung dengan windows, IOS, dan android. Pun lagi-lagi keyboard ini belum dilengkapi dengan backlight. Meskipun demikian keyboard wireless ini bisa menjadi alternatif karena harganya juga cukup terjangkau di kantong.

Apabila kamu ingin tahu berapa harga dari produk ini, silakan cek di official store-nya yang ada di Shopee dan Tokopedia.

4. Giime Keyboard Portable Bluetooth Lipat Magnetik, keyboard yang mudah di bawa ke mana-mana

Tips memilih keyboard untuk HP
Sumber gambar shopee.co.id

Apakah kamu suka bekerja atau belajar di cafe? Kalau iya, berarti rekomendasi keyboard yang satu ini cocok untuk kamu. Pasalnya Giime Keyboard Portable Bluetooth Lipat Magnetik bisa dilipat. Sehingga tak akan memakan tempat yang banyak ketika dimasukkan ke dalam tas.

Menariknya lagi, keyboard ini sudah menggunakan baterai yang bisa diisi daya dengan kapasitas 80 mAh. Di mana kapasitas tersebut dapat membuat keyboard ini bekerja sampai 40 jam. Tak hanya itu, Giime Keyboard Portable Folding Lipat Magnetik juga bisa terhubung dengan windows, IOS, dan android. Bahkan sudah suport dengan IOS 13 dan penerusnya.

Fitur lainnya yang akan membuat terpesona yaitu jangkauan dari keyboard Giime yang jauh. Keyboard ini akan tetap terhubung meski kamu memisahkannya dengan HP sejauh 1o meter. Kembali hal yang sangat disayangkan yakni tak tersedianya backlight. Jadi, jika kamu ingin mengetik harus di tempat dengan penerangan yang cukup.

Harga keyboard folding ini cukup terjangkau. Bahkan jauh lebih terjangkau bila dibandingkan dengan keyboard jenis folding dari merek lain. Nah, kalau mau membeli kamu bisa mengunjungi laman Tokopedia atau Shopee.

5. Fusion 10 Inch Backlight Wireless Keyboard, Keyboard HP untuk bekerja di tempat gelap

Tips memilih keyboard untuk HP
Sumber gambar shopee.co.id

Rekomendasi selanjutnya yaitu ada Fusion 10 Inch Backlight Wireless Keyboard. Di mana keyboard yang satu ini terdapat lampu di belakang keyboard. Jadi, bisa digunakan untuk mengetik di tempat remang-remang atau gelap. Menariknya kamu bisa mengganti-ganti warna LED dengan 7 jenis warna pelangi.

Desain dari Keyboard Fusion ini juga kecil dan ringkas. Sehingga bisa dibawa ke mana saja dengan mudah. Pun telah kompatibel dengan sistem operasi windows, IOS, ataupun android. Jadi, kamu bisa menjadikannya sebagai alat untuk mempermudah pengetikan di smartphone.

Selain itu, keyboard ini juga sudah dibekali dengan baterai yang bisa diisi dayanya. Kapasitas baterainya juga cukup besar. Sebab, bisa bertahan hingga 100 jam. Walaupun demikian, keyboard Fusion tak membutuhkan waktu yang lama untuk mengisi daya. Waktu yang ia butuhkan hanya sekitar 3-4 jam.

Bila kamu tengah mencari keyboard yang suitable dengan HP dan punya backlight, keyboard dari Fusion inilah yang aku rekomendasikan. Mengenai harganya masih ada diambang batas kok. Jika penasaran kamu bisa langsung cek saja ke Shopee dan Tokopedia atau e-commerce kesayangan.

6. Universal Mini Wireless Keyboard with Touchpad, keyboard yang akan memberi kesan menulis di laptop

Tips memilih keyboard untuk HP
Sumber gambar shopee.co.id

Terakhir yang akan aku rekomendasikan ialah Universal Mini Wireless Keyboard with Touchpad. Di mana jika kamu menggunakan ini akan merasa seperti mengetik di laptop. Tentu saja sensasi tersebut terjadi lantaran adanya fitur touchpad pada keyboard yang satu ini.

Apalagi fitur touchpad ini juga bisa berfungsi sebagaimana touchpad pada laptop yang berguna seperti mouse. Sayangnya keyboard yang memiliki ukuran ringkas ini hanya bisa terhubung ke sistem android dan windows. Namun, ini tentunya bukan suatu masalah besar untuk penulis modal HP seperti kita.

Keyboard ini hanya memiliki satu pilihan warna yakni hitam dengan koneksi bluetooth versi 3.0. Bila kamu tertarik membelinya, harganya masih di bawah 150 ribu. Untuk tepatnya, sebaiknya kamu melihatnya sendiri di e-commerce kesayangan. Namun, jika di e-commerce kesayanganmu tak ada, bisa cek di Shopee dan Tokopedia.

Kesimpulan

Menulis hanya dengan modal HP memang bukan suatu hal yang begitu besar. Namun, jika menulis sudah menjadi sebuah kebiasaan atau bagian dari kehidupan, tentu tangan akan sering merasa kebas. Bila diteruskan akan berakibat saraf terjepit.

Beruntungnya saat ini ada banyak teknologi gawai yang turut berkembang. Sehingga terciptalah keyboard portable yang bisa mensuport pekerjaan menulis di HP. Dengan begitu para penulis yang hanya modal HP bisa mengetik dengan nyaman. Pun bisa merasakan sensasi mengetik di komputer atau laptop.

Share with your friends